SHARE
world aids day

Sudah 36 tahun berlalu sejak AIDS diakui keberadaannya oleh WHO, dan hingga kini, HIV/AIDS masih tetap menjadi momok yang menakutkan bagi dunia. Ia menjadi salah satu epidemic paling menghancurkan dan menjadi masalah multinasional yang amat sangat serius.

Setiap tahunnya, selalu ada penderita baru yang mengidap HIV/AIDS, dan setiap tahunnya pula berbagai negara mengupayakan usaha-usaha penyembuhan lewat berbagai penelitian medis yang sayangnya, sampai saat ini, belum bisa menghasilkan obat yang benar-benar mampu menjamin pengidap HIV/AIDS sembuh total.

HIV/AIDS menjadi epidemic yang menyebar di seluruh penjuru dunia. Dan Afrika menjadi benua dengan jumlah pengidap HIV/AIDS terbanyak.

Di Indonesia sendiri, sejak pertama kali dilaporkan tahun 1987 hingga Desember 2016, jumlah kumulatif infeksi HIV di Indonesia sebanyak 232.323 kasus dan jumlah AIDS mencapai 86.780 kasus. Usaha penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS pun sudah dilakukan sejak tahun 1994 yang ditandai dengan dibentuknya Komisi Penanggulangan AIDS Nasional yang ditetapkan melalui Kepres Nomor 36/1994.

Di dunia internasional, tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Tujuannya peringatan hari tersebut adalah untuk mempersatukan penduduk dunia dalam komitmen melawan HIV/AIDS.

Nah, dilansir dari berbagai sumber termasuk badan kesehatan dunia WHO, UNICEF dan UNAIDS, ada banyak fakta seputar HIV/AIDS yang rasanya penting untuk diketahui.

Berikut ini adalah fakta-fakta seputar HIV/AIDS

1. Saat ini setidaknya terdapat 36,9 juta orang yang terinfeksi virus HIV atau hidup dengan AIDS, termasuk di antaranya 2,6 juta anak-anak.

2. Setidaknya 2 juta orang terinfeksi HIV pada 2014 saja.

3. Diperkirakan sebanyak 34 juta orang meninggal karena HIV/AIDS, termasuk 1,2 juta orang di 2014.

4. Selama 15 tahun terakhir, remaja dan kaum muda yang meninggal karena HIV/AIDS, meningkat tiga kali lipat.

5. HIV/AIDS adalah pembunuh nomor satu di kalangan remaja dan kaum muda di Afrika, dan merupakan pembunuh remaja ke-dua di dunia.

6. Di Sub-Sahara Afrika, prevalensi pengidap HIV/AIDS di kalangan remaja usia 15-19 tahun adalah 7 di antara 10 atau 70 persen.

7. Di awal 2015, sebanyak 15 juta orang melakukan terapi antiretroviral. Jumlahnya meningkat drastis dibanding tahun 2001, yang hanya berjumlah 1 juta orang.

8. Kendati tes HIV bukan lagi hal yang langka, hanya 51 persen orang dengan HIV yang melakukan tes.

9. Dunia semakin waspada dengan HIV. Tanggapan global untuk HIV telah mengalihkan 30 juta infeksi HIV baru dan hampir 8 juta kematian sejak tahun 2000.

10. Menjadi sebuah bukti komitmen dunia melawan HIV/AIDS, bulan September 2015 lalu, negara-negara anggota PBB setuju untuk menjadikan dunia bebas AIDS di tahun 2030.

SHARE

LEAVE A REPLY