SHARE
aids

Dalam lingkungan pergaulan di masyarakat, banyak pengidap HIV/AIDS yang dikucilkan dan dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya, alasannya karena mereka takut tertular. Hal ini merupakan salah satu efek buruk atas ketidaktahuan masyarakat mengenai apa dan bagaimana virus HIV/AIDS bekerja.

Padahal, andai masyarakat tahu dan mengetahui tentang apa dan bagaimana serta faktor-faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab penularan virus HIV/AIDS, niscaya masyarakat tidak akan pernah takut untuk bergaul dengan para pengidap HIV/AIDS.

Hal ini tentu baik, sebab para pengidap HIV/AIDS memang seharusnya mendapatkan perlakuan yang setara, mereka punya hak untuk menjalani kehidupan normal layaknya orang lain yang tidak terinfeksi HIV?AIDS.

Nah, untuk itulah, dalam artikel kali ini, Kita Setara akan berbagai tentang apa saja yang bisa bisa dan tidak bisa menularkan HIV/AIDS.

Perlu diketahui, virus HIV/AIDS adalah virus yang sangar rapuh, ia tak bisa bertahan lama berada di luar tubuh manusia, sehingga, ia hanya berada di dalam cairan tubuh orang yang terinfeksi. Karenanya, ia menjadi virus yang tak mudah menular dan hanya bisa menular melalui cara-cara yang spesifik.

Nah, berikut ini adalah beberapa metode penularan HIV/AIDS yang perlu kita ketahui:

  1. Hubungan seks tanpa alat pengaman
  2. Berbagi alat suntik dengan orang yang positif mengidap HIV
  3. Ibu hamil positif HIV kepada bayinya selama masa kehamilan, persalinan dan/atau waktu menyusui
    4. Melalui transfusi darah/produk darah yang sudah tercemar HIV
    5. Melalu seks oral

Sedangkan beberapa hubungan yang tidak bisa menjadi sebab penularan HIV/AIDS antara lain:

  1. Memeluk, memegang tangan, dan aktivitas bersentuhan secara fisik lainnya (HIV tidak bisa menular melalui keringat)
    2. Ciuman, baik ciuman kering maupun basah, sebab HIV tidak menular melalui ludah, kecuali ada luka yang terbuka di area mulut.
    3. Memakai alat mandi bergantian
    4. Menggunakan peralatan makan dan minum bergantian
    5. Berolahraga bersama, termasuk olahraga air seperti berenang
    6. Meminjam pakaian, misal baju, jaket, celana, dll.

Nah, Bagaimana? Sudah paham kan apa saja yang bisa dan tidak bisa menyebabkan penularan virus HIV/AIDS? So, Jangan pernah merasa takut berhubungan dengan pengidap HIV/AIDS. Sebab pada dasarnya, mereka setara dengan kita. Hanya stigma yang membuat mereka menjadi berbeda.

Jauhi virusnya, tapi jangan jauhi pengidapnya

SHARE

LEAVE A REPLY